Minggu, 09 Juni 2013

Buku : How to Enjoy Your Life and Your Job

Cover buku terjemahan
        Perpustakaan seyogyanya telah menjadi teman karibku semenjak aku duduk di bangku SMP, tak jemunya aku selalu meminjam dan mengembalikan hingga kartu bukuku penuh dengan cap perpustakaan sekolah. Tepatnya 5 tahun silam, kala aku duduk dibangku SMK aku menemukan buku yang berkualitas ini.
Cover buku asli
            Saat itu, seperti biasanya aku mencari-cari buku untuk menjadi santapanku. Di rak kategori ‘filsafat’, aku menemukan buku yang sudah usang dengan author ‘Dale Carnegie’, bentuk buku yang lapuk dengan kertas nan coklat. Entah mengapa aku tertarik membaca buku itu, judulnya ‘Petunjuk Menikmati Hidup dan Pekerjaan Anda’, bagi sebagian orang mungkin tak ada menarik-menariknya dilihat dari tampilan buku yang kusut itu. Dari awal aku sudah menduga bahwa ini merupakan buku terjemahan, dan judul buku aslinya adalah 'How to enjoy your life and your job'.
            Ketika ku buka lembar demi lembar, aku sungguh mudah mencerna dan menikmati buku tersebut. Disajikan dengan bahasa yang mudah dipahami dan cukup mengalir, rasanya aku sedang berdampingan langsung dengan Psikolog sekaligus motivator Dale Carnegie. Didalamnya terdapat cara untuk menikmati hidup dengan lebih mudah dan berguna untuk orang lain. Buku tersebut tak cukup tebal, berkisar 100-an halaman (aku lupa pastinya). Yang jelas, buku ini cocok untuk orang-orang yang selalu terburu-buru dan khawatir akan hari yang dilewatinya hingga ia lupa bagaimana caranya menikmati hidup.

            Setelah moment itu, aku mencari buku yang sama di Toko Buku. Dan surprisingly, di Toko buku aku menemukan banyak sekali buku yang dikarang oleh Dale Carnegie (banyak versi-versi lain) yang hampir semuanya merupakan best seller.  Diluar perkiraanku, kukira buku yang kubaca itu hanya satu-satunya yang diterjemahkan di Indonesia.