Minggu, 09 Juni 2013

Buku : Rich Dad Poor Dad

Cover buku asli
      Ketika aku magang dahulu, aku ditempatkan dibagian yang sangat beruntung. Ya, aku berkutat dengan database dan buku, maklumlah jurusanku adalah Administrasi Perkantoran (Sekretaris) sehingga pastinya selalu berteman baik dengan masalah buku, kearsipan dan surat-menyurat. Tak pernah terlintas dikepalaku, perusahaan yang cukup bonafit memilihku sebagai siswi SMK untuk magang disana. Dan aku selalu memanfaatkan masa-masa itu.
            Semua barang-barang diruangan memang menarik, namun bagiku yang paling menarik adalah rak buku yang tertata rapih. Ketika aku melihat buku-buku yang ada disana, aku sangat terkagum-kagum dengan jumlah buku dan jenis buku yang terbilang mahal-mahal dan berkualitas itu. Disaat senggang aku terbiasa membaca buku yang ada disana. Salah satu judul buku yang menarik perhatianku adalah ‘Rich Dad Poor Dad’. Sudah terkonsep dikepala memang jika itu adalah sebuah buku pengembangan diri.
Cover buku terjemahan
            Pernah membayangkan memiliki 2 ayah? Ayah yang satu kaya, dan yang satu lagi miskin. Tentunya takkan pernah terlintas sedikitpun dibenak kita ketika kita memiliki ayah dengan karakter yang berbeda.
            Adalah penulis Robert T. Kiyosaki yang menuliskan cerita hidupnya, antara ayah kandungnya dan ayah angkatnya.
            Buku ‘Rich Dad  Poor Dad’ ini menuntun kita untuk bersikap lebih bijak dalam berpikir dan bertindak. Karena 2 ayah tersebut memiliki perbedaan prinsip hidup dan saling bertolak belakang. Apakah kita akan mengikuti ayah miskin dengan prinsip ‘uang adalah sarang maksiat’ sehingga kita hidup dengan tanpa kerja keras? Atau mengikuti prinsip ayah kaya yang memiliki prinsip bahwa ‘uang adalah kebutuhan’ sehingga kita dituntut untuk bekerja keras? Pilihan berada ditangan Anda.
            Isi dari buku ini adalah berbagai prinsip dan sikap seorang ‘Rich Dad’ dalam menjalani hidup sehingga ia hidup dalam kesejahteraan dan kedamaian. Berlawanan dengan ‘Poor Dad’ yang penuh kekurangan.

            Buku yang merupakan Best Seller ini sangat baik dibaca untuk anak muda yang ingin menggapai masa depan cerah lantaran penuh dengan cerminan sikap dan falsafah hidup yang dipegang teguh oleh kedua karakter yang berbeda itu.